Hallo, selamat datang di Impus's Blog
Berhubung admin baru saja mengikuti workshop mengenai penggunaan aplikasi Mendeley, ada baiknya kalau informasi ini, admin share ke teman-teman semua ya. Jadi berdasarkan informasi yang admin dapatkan, aplikasi Mendeley dekstop ini digunakan dalam pembuatan daftar pustaka karya ilmiah seperti skripsi, jurnal, proposal (mahasiswa/i yang berjuang membuat skripsi mana suaranya >_<, senasib nih) atau dalam pengutipan teori-teori dari para ahli di Ms Word. Intinya sih agar sistematika penulisan karya ilmiah kita mengikuti standar yang berlaku dan adanya bukti pengutipan yang valid.
Langkah-langkahnya bisa dilihat sebagai berikut :
1. Download aplikasi Mendeley desktop, setelah itu silakan ikuti petunjuk untuk meng-install ke desktop. download disini
2. Buka aplikasi Mendeley desktop, lalu klik register untuk mendaftar.
3. Setelah itu halaman akan diarahkan ke kolom-kolom pengisian data.
Silakan isi alamat email yang aktif, nama depan, nama belakang, dan password setelah itu klik continue untuk melanjutkan.
4. Dihalaman selanjutnya, silakan pilih jurusan dan status akademik, lalu klik create account dan akun Mendeley desktop sudah aktif.
5. Klik tanda panah disebelah kanan atas lalu pilih log out dan halaman web bisa ditutup.
6. Kembali ke desktop, masukkan akun dan password yang sudah diaktifkan lalu klik sign in.
7. Selanjutnya, klik tools di halaman Mendeley desktop dan pilih install MS Word plugin. Ini berfungsi untuk mengaktifkan Mendeley desktop agar dapat diakses dihalaman reference MS Word.
8. Disebelah kiri halaman Mendeley desktop klik All Documents => add
Ada dua pilihan untuk pengisian daftar pustaka, secara manual atau otomatis. Pengisian secara manual dilakukan apabila sumber/referensi yang kamu punya berasal dari buku, jurnal, artikel, dsb. dalam bentuk hardcopy, sedangkan pengisian secara otomatis dapat dilakukan apabila referensinya berupa softcopy yang ada di dalam komputer.
9. Pengisian secara manual dengan cara, klik All Documents lalu pilih Add => Add Entry Manually => lalu isi sesuai dengan tipe referensi yang kamu punya. Untuk pengisian secara otomatis, klik All Documents lalu pilih Add => Add Files => pilih file => open. (Lanjutkan langkah tersebut sesuai kebutuhan)
Tampilan pengisian otomatis akan terlihat sbb :
10. Buka halaman Ms Word untuk daftar pustaka yang akan diisi atau halaman Ms Word dimana kamu mau mengutip teori. Setelah Ms Word dibuka => pilih references di menu bar => klik insert citation => masukkan nama atau judul referensi => lalu klik ok
11. Untuk memasukkan halaman ketika mengutip, silakan ketik secara manual halamannya disebelah tahun, lalu klik keep manual edit
Tampilannya sbb :
12. Terakhir untuk membuat daftar pustaka berdasarkan kutipan-kutipan di karya ilmiah kamu, klik di menu bar references => pilih insert bibliography dan daftar pustaka kamu akan muncul dan tersusun sesuai abjad secara otomatis.
Berakhir sudah tutorial menggunakan Mendeley desktop, untuk lebih jelasnya silakan langsung dipraktekan 😁😁.
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi Impus Blog 😁
Komentar
Posting Komentar